KONSULTASI MINAT DAN BAKAT BANJARMASIN

images?q=tbn:ANd9GcSeatkrKbpBYwRnp6VzsWlyiqw5vkR7MR6-wof1foM-k8cGRw5WVQ KONSULTASI MINAT DAN BAKAT BANJARMASIN

Terkadang orang menjalani kehidupan ini berdasarkan keinginan yang tidak mendasar.

Pilihan hidup yang ditentukan tidak sesuai dengan potensi, minat, dan bakat yang dimiliki.  Sehingga tidak sedikit orang yang menjalani kehidupannya dengan tidak maksimal. Bahkan cenderung menemui kegagalan. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak mengetahui potensi diri. Dampak dari itu semua, orang cenderung menyalahkan orang lain dan lingkungan karena kegagalannya. Mereka tidak sadar bahwa sesungguhnya kegagalan itu muncul karena ketidaktahuan tentang potensi dirinya.
Sebagai contoh, siswa SMA yang akan memilih jurusan. Setidaknya ada tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu IPA, IPS, atau Bahasa. Kebanyakan orang tua menginginkan anaknya untuk masuk jurusan IPA meski anak tersebut tidak menginginkannya atau potensi anak bukan di jurusan IPA. Contoh lainnya, ketika anak akan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Selalu jurusan-jurusan yang berhubungan dengan IPA yang kadang “dipaksakan” oleh orang tua. Misalnya kedokteran, teknik, dan lain-lain. Sebenarnya semua jurusan itu sama bagusnya. Harusnya memilih jurusan disesuaikan dengan  minat dan potensi anak. Bukan  karena keinginan orang tua atau karena prestise semata.
Setiap individu adalah the right person yang mempunyai potensi unik masing-masing. Hanya, ada yang kemudian menjadi sukses dan tidak sukses dalam hidupnya. Itu ditentukan oleh apakah individu tersebut
berada di tempat yang tepat (the right place) bagi perkembangan potensi dan minat yang ia miliki, serta  motivasi untuk mencapai sukses tersebut.
Untuk anak yang akan memasuki jenjang pendidikan Perguruan Tinggi, jurusan atau bidang studi yang akan dipilihnya akan menentukan masa depannya. Tidak sedikit mahasiswa yang  merasa “salah jurusan” dan akhirnya tidak menyelesaikan kuliahnya. Kasus baiknya, mereka  pindah ke jurusan lain, jika mereka tahu jurusan apa yang cocok bagi mereka. Akibatnya,  masa pendidikan bertambah panjang dan biaya  pendidikan membengkak. Kalaupun anak yang merasa salah jurusan ini menyelesaikan kuliahnya, seringkali mereka tidak bekerja di bidang yang sesuai dengan latar pendidikan. Kondisi ini dapat menimbulkan  ketidakpuasan dan stres  bagi anak itu sendiri maupun orang tua. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum anak memilih  jurusan atau bidang studi di perguruan tinggi, mereka perlu mengetahui mengenai minat dan  bakat mereka dan juga mengenai pilihan jurusan atau bidang studi yang mereka minati.

Apakah Tes Minat Bakat?

Tes minat bakat adalah serangkaian pemeriksaan psikologi yang meliputi pemeriksaan  kemampuan umum (inteligensi), sikap dan cara kerja, minat, serta kepribadian individu yang bersangkutan.

Konseling Karir

Hasil dari tes minat bakat yang diikuti dapat di-follow up dengan mengikuti career counselling (konseling karir). Dalam career counselling, akan membantu anak untukmemahami aspek-aspek kemampuan umum, minat, sikap kerja, dan kepribadiannya dan bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi karirnya di masa depan. Kemudian didiskusikan mengenai pilihan-pilihan jurusan dan karir yang telah dipikirkan oleh anak. (Sumber : psikologikita)
KONSULTASI MINAT DAN BAKAT BANJARMASIN : 0821.4886.9567. Pin BB : 29A83BD9