Yang Dikehendaki Allah Pasti Terjadi

Memahami bahwa Yang Dikehendaki Allah Pasti Terjadi. Banyak orang tidak bisa menerima kenyataan hidup. Padahal  kenyataan hidup adalah taqdir dari Allah. Karena yang dikehendaki Allah pasti terjadi, yang tidak dikehendaki Allah pasti TIDAK TERJADI.

Terkadang yang kita sukai ternyata tidak baik dalam ilmu dan pandangan Allah dan terkadang apa yang tidak kita sukai ternyata baik dalam ilmu dan pandangan Allah.

Abu Ja’far Atho-thohawy berkata:

“غلبت مشيئته المشيئات كلها، وغلب قضاؤه الحيل كلها”

25aa Konsultasi Masalah Hidup di Banjarmasin  ”Segala kehendak apapun pasti dikalahkan oleh kehendak Allah, dan segala usaha apapun pasti dikalahkan oleh ketentuan Allah” [Matan Aqidah Thohawiyyah].

• (Artinya: ) apa yang Allah kehendaki pasti terjadi walaupun makhluk tidak menghendakinya, dan apa yang para hamba kehendaki pasti tidak akan terjadi jikalau Allah tidak menghendakinya.

Sebagaimana Imam Syafi’i rahimahullah berkata:

ما شئت كان وان لم أشأ
وما شئت إن لم تشأ لم يكن

Apapun yang Engkau (Allah) kehendaki pasti terjadi walaupun aku tidak menghendakinya

Dan apapun yang aku kehendaki pasti tidak akan terjadi jikalau Engkau ( Allah) tidak menghendakinya [Syarah Usul ‘Itiqad 4/777, dan Asma wa As- sifat hal 171].

Abu Ja’far Atho-thohawy berkata:

علمه وقضاؤه وقدره

“Ilmu Allah yang lama dan ketentuan Allah yang terjadi dan takdir Allah yang lalu” [Matan Aqidah Thohawiyyah].

Oleh karena itu walaupun makhluk selalu terus berusaha; maka apapun usaha mereka tidak akan sempurna jikalau menyelisihi ketentuan Allah, dan begitupula tidak akan berjalan dan tidak pula sempurna segala usaha apapun melainkan karena keputusan Allah dan ketentuan Allah.

Sebagaimana dalam wasiat nabi kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu Anhu:

وَاعْلَمْ أَنَّ اْلأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَوا عَلَى أَنْ  يَنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ اْلأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفِ

“Ketahuilah sesungguhnya jika seluruh umat berkumpul untuk mendatangkan manfaat kepadamu atas sesuatu, mereka tidak akan dapat memberikan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka berkumpul untuk mencelakakanmu atas sesuatu, niscaya mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali kecelakaan yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering” [HR, Ahmad 1/293, Tirmidzi 2516, berkata Tirmidzi Hasan Shahih, dan dhiya Mukhtaarah 10/22-25, Ibnu Rajab menghasankannya dalam Jaami’ Ulum wa Al-hikam hal 345].
Oleh karena itu, Abu Ja’far Atho-thohawy berkata:

“يفعل ما يشاء وهو غير ظالم أبدا”

25aa Konsultasi Masalah Hidup di Banjarmasin  ”Allah berbuat apa yang Allah kehendaki dan selama-lamanya Allah tidak dzalim” [Matan Aqidah Thohawiyyah].

•Maka Allah memberi dan menolak, merendahkan dan mengangkat, memuliakan dan menghinakan, memberi hidayah dan menyesatkan, menghidupkan dan mematikan.

يُدَبِّرُ الْأَمْرَ

“Dia Allah yang mengatur urusan” [Surat Yunus 3].

يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَقْدِرُ

Allah meluaskan rezki dan menyempitkannya. [ Surat Ar-ra’du 26].

يُعَذِّبُ مَن يَشَاءُ وَيَرْحَمُ مَن يَشَاءُ ۖ

Allah menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya, dan memberi rahmat kepada siapa yang dikehendaki-Nya [ Surat Al- ‘Ankabut 21].

Semua itu berjalan sesuai kebijaksanaan Allah, maka hanya milik Allah hikmah dalam semua urusan, sebagaimana perkataan Abu Ja’far Athohaawi:

“Allah memberi hidayah kepada siapa yang Allah kehendaki dan Allah menjaga dan memelihara ( kepada siapa yang Allah kehendaki) karena karunia-Nya, dan Allah menyesatkan kepada siapa yang Allah kehendaki dan Allah menghinakan dan memberi Ujian (kepada siapa yang Allah kehendaki) karena ke’adilan-Nya” [Matan Aqidah Thohawiyyah].

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

Konsultasi Masalah/Ujian  Hidup (Memahami bahwa Yang Dikehendaki Allah Pasti Terjadi) Hubungi : 082148869567

Follow IG : @hipnoterapi_banjarmasin